Senin, 06 April 2015

Tugas 3

KEMISKINAN
 


Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Kemiskinan dapat diukur dengan garis kemiskinan. Garis kemiskinan (GK) merupakan alat yang paling krusial dalam pengukuran kemiskinan. Sebuah cutoff point— yang dinyatakan dalam nominal uang—untuk memisahkan penduduk miskin dan nirmiskin dalam populasi. Secara sederhana, penduduk atau rumah tangga dengan pengeluaran atau pendapatan di bawah GK disebut miskin.


Berikut ini akan saya lampirkan penyebab dan dampak kemiskinan yang terjadi di Indonesia:
Penyebab kemiskinan
  1. Penyebab individual
  2. Penyebab keluarga
  3. Penyebab sub-budaya (subcultural)
  4. Penyebab agensi

Dampak kemiskinan 
  1. Penggangguran
  2. Kekerasan
  3. Pendidikan
  4. Kesehatan
  5. Konflik sosial bernuansa SARA
Kemiskinan tidak akan hilang begitu saja tanpa ada usaha dari orang yang mengalami kemiskinan dan bantuan dari sesama serta Pemerintah. Oleh karena itu, menurut saya langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kemiskinan adalah:
  1. Harus ada kemauan dan keberanian apabila ada peluang untuk memajukan atau memakmurkan diri sendiri.
  2. Selalu berusaha, jangan pernah menggantungkan sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan kepada orang lain.
  3. Harus siap gagal dan menjadikan kegagalan itu suatu awal dari kesuksesan.
  4. Menghapuskan korupsi, karena korupsi adalah sala satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya.
  5. Menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran.
  6. Memberikan subsidi kepada kebutuhan pokok manusia, sehingga setiap masyarakat dapat menikmati makanan yang berkualitas.
  7. Mendirikan BLK (Badan Latihan Kerja), untuk orang yang tidak mampu sehingga mampu meiliki bekal untuk maju dalam dunia usaha.
  8. Pemerintah harus memberikan bantuan pendidikan dan kursus untuk masyarakat yang kurang mampu sehingga mereka dapat melanjutkan sekolah tanpa bingung soal biaya.






Sumber:


http://research.amikom.ac.id/index.php/sti/article/download/6705/48462 (PDF)
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar