Jumat, 14 Oktober 2016

Amazon.com


Website Amazon.com merupakan situs perdagangan retail terbesar di dunia, yang memulai usahanya dengan hanya menjual buku secara online tetapi sekarang menjamah ke berbagai hal mulai dari DVD, pakaian, hingga web hosting CDN (content Delivery Networks). Amazon.com, Inc. didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan di online kan pada Juni 1995. Jeff Bezos menulis sendiri business plan perusahaan impiannya ini dan memilih seattle sebagai tempat memulai usaha karena lebih mudah untuk mencari staff IT pada masa itu. Perusahaan ini diberi nama Cadabra, Inc, namun orang sering salah mendengarnya dengan ‘Cadaver’. Nama Amazon dipilih dari nama sungai Amazon yaitu sungai terbesar didunia dan juga karena nama ini diawali dengan huruf “A” yang muncul di awal urutan alphabet.

Pada masa amazon.com, perusahaan ini dikerjakan dari garasi rumah Jeff Bezos di Settle dengan meja yang dibuat dari pintu rumah bekas. Amazon saat itu tidak menyetok buku namun mereka bekerjasama dengan penerbit yang akan mengirimkan buku ketika ada permintaan ke amazon kemudian amazon akan mengirimkan kembali buku tersebut ke pemesan. Pada bulan pertama diluncurkan situs amazon.com, amazon melayani permintaan dari 50 negara bagian Amerika dan 48 negara dan saat itu buku adalah satu-satunya produk amazon.
Nick Hanauer adalah investor pertama yang percaya dengan ide Jeff Bezos dan menginvestasikan uang sebesar $40.000 sebagai modal. Dan ketika amazon.com pertama kali online, tampilan situs ini tidak semenarik sekarang. Situsnya terlihat sangat polos dan tidak menarik bagi kebanyakan orang, dan ketika Tom Alburg tertarik mengivestasikan $100.000 ke amazon.com sangat membantu perusahaan untuk menciptakan situs yang lebih menarik dan kemampuan hosting yang lebih baik. Pada tahun 1997 amazon menjadi perusahaan publik yang pertama kali dibuka dengan harga saham $18 dan melonjak menjadi $24 dalam sehari.

Beberapa produk amazon.com:
1.     Amazon BookSurge
Amazon’s BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.

2.     Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat penyimpanan. 

3.     Amazon EC2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud ) berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah.

4.     Amazon Elastic Map Reduce
Amazon elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar.

5.     Amazon Fresh
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara online.

6.     Amazon Kindle
Diperkenalkan ke publik pada bulan November 2007Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar